Ada Hak-hak Pada Rumahmu

Rumah adalah karunia Allah ta’ala yang telah dianugerahkan kepada kita sebagai tempat tinggal, penutup aurat, dan tempat bercengkrama dengan keluarga.

Pada rumah-rumah kita itu ada hak-haknya yang harus dipenuhi. Rumah yang tidak terpenuhi hak-haknya akan mengundang setan untuk bersarang di rumah tersebut, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bagi penghuninya untuk tinggal di dalamnya dan menyebabkan keributan antar penghuni rumah. Jika sudah demikian, maka setan-lah yang akan mengambil alih penguasaan rumah itu dan seakan penghuninya menjadi pembantu setia bagi setan. Jadilah rumah itu kuburan bagi penghuninya. Naudzubillah.

Sebaliknya, rumah yang dipenuhi hak-haknya akan mengundang malaikat pembawa rahmat datang berbondong-bondong menyesaki rumah itu, sehingga rumah tersebut dipenuhi oleh kebaikan, ketenangan, kenyamanan dan keberkahan dari Allah ta’ala bagi penghuninya. Inilah hakikat rumah idaman bagi setiap mukmin.

Di antara hak rumah kita yang harus dipenuhi adalah dibacakan di dalamnya Al-Qur’an, dilantunkan di dalamnya do’a dzikir tasbih dan tahmid memuji Allah ta’ala, serta didirikan di dalamnya sholat-sholat sunnah.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

“Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya setan itu akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim)

Mari kita usir syetan dari rumah-rumah kita dan undanglah malaikat datang menetap di rumah kita dengan bacaan Al Qur’an khususnya surat Al-Baqarah dan dengan ibadah lainnya, ikhlas karena Allah ta’ala sesuai dengan Sunnah Rasul-Nya.

اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِنْ أَهْلِ القُرْآنِ

– Ust. Abdul Rohim Lili, Lc –

Raih pahala besar dengan menyebarkan tulisan ini. Ajak serta kerabat dan rekan untuk bergabung dalam layanan SM.

Shirotul Mustaqim Whatsapp Broadcast(SM)
Registrasi Ketik: “Daftar” kirim ke WA SM Center: +62 858 2634 8545
Join Telegram t.me/shirotulmustaqim
Instagram.com/shirotulmustaqimid
www.shirotulmustaqim.com

You might also like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *