kumpulan waktu

Kamu Hanyalah Kumpulan Waktu

Sahabat SM, sesungguhnya kita semua kamu hanyalah kumpulan waktu. Seorang tabiin Hasan Al Bashri rahimahullah mengatakan.

يَا ابْنَ آدَمَ, إِنَّمَا أَنْتَ أَيَّامٌ, إِذَا ذَهَبَ يَوْمٌ ذَهَبَ بَعْضُكَ

“Wahai anak Adam, sesungguhnya engkau adalah (kumpulan) hari-hari, apabila berlalu satu hari maka berlalu pula bagian darimu.” (Al Hilyah: 2/148)

Sahabat, setiap hari yang kita lalui sesungguhnya telah hilang sebagian dari diri kita sampai ketika usia kita habis maka berlalulah seluruh diri kita (di dunia ini). Maka manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya dengan ketaatan-ketaatan kepada Allah ta’ala.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

“Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu luang”. (HR. Bukhari no. 6412)

Barangsiapa yang memanfaatkan waktu luang dan nikmat sehat dalam rangka melakukan ketaatan, maka dialah yang akan berbahagia. Sebaliknya, barangsiapa memanfaatkan keduanya dalam maksiat dan kesia-siaan, dialah yang betul-betul tertipu. Dan ingatlah sesudah waktu luang akan datang waktu yang penuh kesibukan. Begitu pula sesudah sehat akan datang kondisi sakit yang tidak menyenangkan.

Semoga Allah ta’ala memberikan keberkahan kepada kita dalam waktu-waktu kita, dan memberikan taufiq untuk menjalankan berbagai kebaikan di bulan yang mulia ini.

Materi Shirotul Mustaqim Whatsapp Broadcast
Bogor, 17 Oktober 2016

You might also like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *