duduk yang berharga

Duduk yang Berharga

Sahabat SM, duduk setelah melaksanakan shalat fardhu termasuk waktu-waktu yang agung dimana dengannya turun rahmat Allah ta’ala bagi seorang hamba. Inilah satu duduk yang berharga.

Maka ketika engkau selesai shalat, janganlah engkau terburu-buru untuk segera bangkit. Akan tetapi tetaplah duduk, bacalah istighfar, tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir, berdzikir kepada Allah ta’ala.

Ketahuilah sesungguhnya para malaikat akan memintakan ampun dan rahmat selama kita tidak beranjak dan masih berada di tempat shalat kita.

Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

الْمَلاَئِكَةُ تُصَلِّى عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِى مُصَلاَّهُ الَّذِى صَلَّى فِيهِ ، مَا لَمْ يُحْدِثْ ، تَقُولُ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ

Para malaikat akan mendoakan salah seorang di antara kalian selama ia tetap berada di tempat shalatnya, selama ia tidak berhadats. Malaikat mengucapkan, ‘Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah rahmatilah dia.'” (HR. Bukhari, no. 445)

Jika Engkau Banyak Dosa Lazimkan Duduk yang Berharga Ini

Ibnu Baththal rahimahullah berkata,

من كان كثير الذنوب وأراد أن يحطها الله عنه بغير تعب ، فليغتنم ملازمة مصلاه بعد الصلاة ليستكثر من دعاء الملائكة واستغفارهم له

“Barangsiapa yang banyak dosanya dan menghendaki agar Allah ta’ala menghapus darinya dosa-dosa tersebut tanpa perlu berlelah-lelah, maka hendaknya dia melazimkan untuk tetap duduk ditempatnya setelah dia selesai shalat sehingga memperbanyak doa dan permohonan ampun dari para malaikat untuknya.” (Syarh Ibnu Baththal terhadap Shahih al Bukhari: 3/114)

Shirotul Msutaqim Whatsapp Broadcast

You might also like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *