Kita Semua Akan Menyesal

Semua Kita Akan Menyesal

Sahabat SM, ketahuilah bahwa kelak semua kita akan menyesal. Kenapa kita menyesal dan apa yang kita sesali? Yang kita sesali adalah hari-hari yang kita lalui, sedang kita terlewat untuk beramal shalih.

Allah ta’ala berfirman,

حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ, لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ

“Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, ‘Ya Tuhanku, kembalikanlah aku(ke dunia), agar aku berbuat amal yang shaleh terhadap yang telah aku tinggalkan’.” (QS. Al-Mu’minun: 99-100)

Jangan Sampai Menyesal

Setiap saat mungkin kesempatan-kesempatan untuk beramal shaleh datang silih berganti di depan kita. Tetapi berapa banyak kesempatan yang kita tunda dan pada akhirnya terlewatkan begitu saja tanpa bisa kita raih. Kesempatan-kesempatan seperti itulah yang nanti kita akan sesali di akhirat kelak.

Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu-waktu ini untuk meraup amal sholeh sebelum datang masa di mana tidak ada lagi kesempatan untuk beramal dan yang ada hanyalah perhitungan amal (hisab).

Ali bin Abi Thalib radliallahu ‘anhu pernah mengatakan,

إِنَّ الْيَوْمَ عَمَلٌ وَلَا حِسَابٌ وَغَدًا حِسَابٌ وَلَا عَمَلٌ

“Sesungguhnya hari ini (di dunia) adalah tempat beramal tanpa ada hisab, sedangkan besok (di akhirat) adalah tempat hisab (perhitungan) tanpa ada kesempatan untuk beramal.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari)

Shirotul Mustaqim Whatsapp Brodcast

You might also like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *